PPL PRODI AHWAL SYAKHSIYYAH STAI AL HIKMAH TUBAN TA 2018/2019

1 Oktober 2018

Dalam rangka program peningkatan dan memperdalam wawasan dan pengalaman mahasiswa pada jenjang S-1, Program Studi Ahwal Syakhsiyyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hikmah Tuban mengadakan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama (PA) sekitar kampus. PPL merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun dan merupakan salah satu kegiatan wajib dilaksanakan bagi mahasiswa/i semester VII Prodi Ahwal Syakhsiyyah untuk mencapai gelar Sarjana Hukum. Mahasiswa PPL dari Prodi Ahwal Al Syakhsiyyah (AS) STAI Al Hikmah Tuban ini terbagi menjadi dua kelompok, dengan ketentuan untuk (9) mahasiswa dilaksanakan di PA Bojonegoro dan (10) mahasiswi bertempat di PA Tuban.

Pembukaan PPL mahasiswa semester VII yang dilaksanakan di PA Bojonegoro telah berlangsung pada hari Jum’at, 28 September 2018 dan dibuka langsung oleh bapak H. Nahison Dasa Brata, S.H., M.H selaku Ketua Pengadilan Agama Bojonegoro dengan dihadiri Dosen Pembimbing (Ibu Hj. Fathonah K. Daud, Lc., M.Phil) dari STAI Al Hikmah Tuban dan Dosen Pamong (ibu Dra. Hj. Sawalang, M.H.) dari PA Bojoneoro. Acara pembukaan ini berlangsung pada pukul 9.00 WIB di ruang pertemuan PA Bojonegoro. Sedang pembukaan PPL mahasiswi di PA Tuban dimulai hari Senin, 1 Oktober 2018 pukul 8.00 WIB dengan Dosen Pembimbing bapak H. Herfin Fahri, Lc., M.Hi.

PPL di Pengadilan Agama ini mencakup latihan materi kesekretariatan, kepaniteraan,  simulasi persidangan, pembuatan gugatan dan permohonan, materi putusan pengadilan hingga penyusunan laporan praktik peradilan dan lain-lainnya untuk memenuhi persyaratan profesi kehakiman. Program PPL semacam ini yang dilaksanakan mahasiswa di PA sebenarnya bukan kegiatan pengabdian pada PA yang bersangkutan, tetapi PPL adalah kegiatan praktikum untuk meningkatkan dan memperdalam ketrampilan mahasiswa yang terkait dengan praktik persidangan dan praktik kehakiman.

Menurut ibu Dosen Pembimbing Lapangan, Ibu Hj. Fathonah K. Daud, bahwa PPL ini merupakan suatu bagian integral dari proses pendidikan pada jenjang S1, agar mahasiswa mendapatkan pendidikan dan pengalaman dalam situasi nyata, dimana selama ini mereka telah mendapatkan pendidikan dan teori-teori dari kampus.  Dengan PPL ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai kopetensi lulusannya (yang antara lain) menjadi hakim yang profesional. Semoga PPL tahun 2018 di PA ini dapat berjalan lancar dan memberi pencerahan maupun menambah wawasan pada para mahasiswa/i khususnya yang semester VII Program Studi Ahwal Syakhsiyyah STAI Al Hikmah Tuban.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *